Polri Imbau: Rokok Elektrik Ancam Masa Depan Bangsa | Infonewsia

Polri Imbau: Rokok Elektrik Ancam Masa Depan Bangsa

JAKARTA, Infonewsia.com – Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes John Turman Panjaitan menilai, beredarnya liquid rokok elektrik (vape) yang mengandung narkoba tidak terlepas dari gaya hidup anak muda zaman sekarang.
Hasil gambar untuk vape
Polri Imbau: Rokok Elektrik Ancam Masa Depan Bangsa. Foto Ilustrasi: Seorang Pria Menghisap Vape-grapevine.is
“Dari gaya hidup electric cigarete generasi muda, mahasiswa paling banyak menyalahgunakan ini. Itu dilihat oleh pangsa pasar luar negeri. Lalu dicampurkanlah vape ini (dengan narkoba),” ungkap John dalam jumpa pers di kantornya, Rabu (1/11).

Dalam kesempatan tersebut, John merilis terungkapnya sejumlah kasus dimana liquid vape dicampur dengan narkoba. Ada cairan yang diimpor dari Belanda bermerk Dvtch Amsterdam. Ada pula cairan narkoba yang diproduksi oleh sindikat di dalam negeri.

John mengakui, di Belanda penggunaan rokok elektrik tidak dilarang. Namun, setelah melakukan test lab dan hasilnya mengandung zat jenis cannabinoid, pemerintah indonesia  melarang penggunaanya.

“Ini berasal dari Belanda, dan di Belanda ini sesuatu yang tidak dilarang. Tapi begitu masuk ke Indonesia hasil dari lab ini mengandung Cannabinoid,” jelas John.

Menurut John, kandungan narkoba cannabinoid yang ada di liquid vape tersebut bisa membuat penggunanya berhalusinasi, ketagihan dan dalam jangka panjang akan merusak penggunanya. Hal ini, katanya, menjadi catatan penting agar generasi penerus bangsa jangan sampai mengonsumsi narkoba jenis apapun.

Polisi memang tidak tinggal diam untuk mencegah penyebaran rokok elektrik ini secara masif dengan melakukan berbagai upaya preventif. Bahkan Polisi juga sudah mengamankan puluhan liquid atau cairan untuk rokok elektrik yang beredar di masyarakat.

Namun, John mengakui pihaknya tidak bisa memastikan satu per satu apakah liquid yang beredar saat ini aman dari narkoba atau tidak.

“Jadi saya imbau para mahasiswa-mahasiswi, para anak muda, yang masih gunakan vape, berhenti lah. Karena begitu tergantungan dengan vape, lama-lama akan dicampur dengan narkoba jenis cannabinoid,” ujarnya.

Apa itu Rokok Elektrik?

Rokok elektrik atau vape adalah salah satu jenis dari penghantar nikotin elektronik yang dirancang oleh seorang apoteker China untuk membantu pecandu rokok tembakau mulai berhenti merokok. Dengan beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik, secara perlahan mereka belajar untuk berhenti merokok.

Rokok elektrik terdapat dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi terdapat tiga komponen utama dalam rokok elektrik, yaitu baterai, elemen pemanas, dan tabung yang berisi cairan (cartridge) yang dapat diisi ulang. Cairan dalam tabung ini mengandung nikotin, propilen glikol atau gliserin, serta penambah rasa, seperti rasa buah-buahan dan cokelat.

Bahaya Penggunaan Rokok Elektrik 

Dilansir dari sciencenews, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia dalam rokok elektrik dapat merusak jaringan paru-paru dan mengurangi kemampuan sel paru-paru untuk menjaga paru-paru dari kuman dan zat berbahaya lainnya. Hal ini karena kandungan nikotin dalam rokok menyebabkan sel paru-paru menjadi mudah ditembus oleh zat dari luar tubuh.

Sementara badan kesehatan dunia World Health Organisation (WHO), menjelaskan, uap yang dihasilkan dari vape memiliki kandungan yang berbahaya, serta menyebabkan polusi udara. WHO telah meminta agar perusahaan yang memproduksi vape jangan membuat klaim bahwa produknya ampuh untuk berhenti merokok, karena mengenai hal ini belum terdapat bukti ilmiah yang bisa diterima.

Laporan dari WHO menyebutkan bahwa perokok pasif vape memiliki efek yang sama dari perokok pasif rokok konvesional yang sudah umum diketahui. Perokok pasif vape tetap mengalami resiko yang cukup serius dari terkena paparan zat-zat berbahaya, terutama zat nikotinnya dan zat-zat yang bersifat karsinogen.

Sementara itu Badan Pemeriksa Obat dan Makanan menjelaskan bahwa produk vape memiliki kandungan zat nikotin (dalam bentuk cair), zat gliserin dan zat-zat lainnya. Jika zat-zat tersebut dipanaskan bisa melepaskan sebuah senyawa bersama nitrosamine. Bahayanya adalah memicu resiko penyakit kanker.

Zat yang mengkhawatirkan pada rokok elektrik ini adalah tobacco-specific nitrosamine (TSNA). TSNA adalah jenis zat yang memiliki sifat karsinogen (pemicu kanker). Zat ini umumnya terdapat di dalam tembakau. Rokok elektrik tetap mengandung nitrosamin walaupun dalam kadar yang sedikit. Umumnya, semakin tinggi kadar nikotin maka akan semakin tinggi pula TSNA.

BNN sendiri menjelaskan, beberapa rokok elektrik memiliki narkotika jenis baru bernama chloromethachitnone (CMC) atau dikenal Blue Safir. CMC merupakan senyawa sintetik turunan katinon berbentuk kristal warna putih. Namun, bentuk edarnya di Indonesia secara ilegal biasanya dalam bentuk cairan berwarna biru dengan kemasan jual Blue Safir.

Kepala BNN Komjen Budi Waseso mengatakan, cairan tersebut berbahaya bagi kesehatan karena mempunyai efek stimultan seperti halnya sabu. Pengguna, akan merasa euforia, merasa senang, percaya diri, semangat dan aktif, pusing, gelisah, halusinasi, insomnia, dilatasi pupil dan berbicara melantur.* (RDJ)


Editor: Rikard Djegadut

KOMENTAR

Featured Post

Teater Taki Mendi: Catatan Perbudakan di Tanah Batavia

Jakarta, INFONEWSIA.COM - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Komunitas Perempuan Manggarai bersama sang...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alex Ganggu,1,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baim Wong,1,Baiq Nuril,1,Banten,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Congko Lokap,1,Dialog Imajiner,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Driver Grab,1,Driver online meninggal,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Ganja,1,Gempa Bumi,1,Gendang Werak,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gojek,1,Grab,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswa UKI,1,Mahasiswa UKI St. Paulus Ruteng,1,Mahasiswa/i,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Maya,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Orang Manggarai,1,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Paul Serak Baut,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Perbudakan,1,Profil,3,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Roman,1,Salib Suci,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,8,Selat Sunda,1,Semester Akhir,1,Sepeda Motor,1,Surat Terbuka,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,SVD,1,Tank Tua Merauke,1,Teater Taki Mendi,1,Tidak Disiplin,1,Transportasi Daring,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Ustadz Abdul Somad,1,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Polri Imbau: Rokok Elektrik Ancam Masa Depan Bangsa
Polri Imbau: Rokok Elektrik Ancam Masa Depan Bangsa
Polri Imbau: Rokok Elektrik Ancam Masa Depan Bangsa
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQdF6C0FRbvdpZZErStZwt-QFCFwCf2fI2vnPBEWmtHxfrCsnuB
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2017/11/polri-imbau-rokok-elektrik-ancam-masa.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2017/11/polri-imbau-rokok-elektrik-ancam-masa.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy