Topang Ekonomi, Lansia Pangkalpinang Munculkan Karya Suvenir Kreatif | Infonewsia

Topang Ekonomi, Lansia Pangkalpinang Munculkan Karya Suvenir Kreatif

Pangkalpinang, Infonewsia.com - Tak hanya anak muda yang banyak berkreasi, tapi juga lansia. Bila kamu berlibur ke Pangkalpinang, kamu bisa menikmati suvenir kreatif karya para lansia ini.

Aneka suvenir kreatif karya para lansia (Kurnia/detikTravel)

Liburan ke Pangkalpinang tak melulu pantai. Traveler bisa membeli suvenir unik dan berbincang dengan pembuatnya, warga setempat yang sudah tidak muda lagi tapi tetap aktif berkreasi.

Mengutip detiktravel, Jumat (27/10/2017) bersama Lurah Temberan dan Camat Bukit Intan, berkesempatan bertemu kedua lansia kreatif yang tinggal di Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.

Yang pertama ada Sutjiati (72), wanita yang mengawali pembuatan kerajinan dari sampah bungkus makanan dan minuman di lingkungan sekitarnya. Dimulai beberapa tahun lalu, dari sampah-sampah yang ada bisa diolah menjadi barang yang bermanfaat dan laku dijual seperti tas dan dompet.

"Tadinya ada dari Jakarta datang ke sini ngajarin bikin pakai bungkus kopi. Mulainya kan dari kopi sachet kan keras anyamnya. Jadi saya punya inisiatif dari bungkus mie kan lembut di tangan," ujar Sutci saat berbincang dengan detiktravel di teras rumahnya.

Ia juga terinspirasi dari PKK kawasan lain yang memang telah aktif menghasilkan barang-barang seperti tas dari sampah bungkus makanan dan minuman.

Berhubung Sutji masih ada banyak waktu luang untuk terus mengasah keahliannya, dia pun membuat banyak suvenir. Bekas bungkus kopi yang besar digunakan untuk membuat tas, kalau bungkus mie instan yang lebih kecil bisa dibuat jadi dompet. Supaya tasnya kuat, sisi dalamnya dilapisi juga dengan spanduk bekas.

"Jadi saya bikin ini banyak, kebetulan dari Dinas Kebersihan dan Kebakaran ke sini pemeriksaan komplek kalau nggak salah. Terus mereka mesen. Jadi saya ada 100 lebih tempo hari buat suvenir," tuturnya.

"Saya bisa dan mampu sehari itu kalau sehat dapat tiga," imbuhnya.

Saat banyak pesanan dulu, dalam pembuatan suvenir ia turut dibantu pula oleh anaknya. Namun belakangan Sutji tak lagi memproduksi tas dalam jumlah besar.

Wanita berkacamata ini justru lebih banyak mengisi waktunya untuk mengajarkan ibu-ibu setempat, sejumlah instansi hingga anak sekolah membuat kerajinan tangan dari sampah.


Nah selain Sutji, ada lagi lansia yang bersemangat mengubah sampah jadi barang berguna. Namanya Asnidar (73), ia bertetangga dengan Sutji dan awalnya sempat belajar bersama Sutji untuk membuat suvenir dari sampah ini.

Sampai sekarang Asnidar masih sering membuat banyak tas, dompet, wadah tisu, dibantu pula oleh sang anak. Ia senang waktu luangnya bisa diisi kegiatan bermanfaat. Barang-barang bikinannya pun dijual dan banyak peminatnya.

"Banyak ibu dapat pesanan. Tas, macam-macam yang dari kopi-kopi segala macam. Sehari dapet lima. Kami berdua dengan anak," ucapnya.

Dompet dari bekas bungkus mie instan ia jual sekitar 5 ribu sampai 10 ribu. Sedangkan tas dari bungkus kopi yang besar sekitar Rp 45 ribu. Traveler yang berminat pun bisa membeli suvenir unik ini di kediaman Asnidar kalau sedang traveling ke Pangkalpinang.*RDJ*


Sumber: detikTravel.com 
Editor: Rikard Djegadut

KOMENTAR

Featured Post

Teater Taki Mendi: Catatan Perbudakan di Tanah Batavia

Jakarta, INFONEWSIA.COM - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Komunitas Perempuan Manggarai bersama sang...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alex Ganggu,1,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baim Wong,1,Baiq Nuril,1,Banten,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Congko Lokap,1,Dialog Imajiner,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Driver Grab,1,Driver online meninggal,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Ganja,1,Gempa Bumi,1,Gendang Werak,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gojek,1,Grab,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswa UKI,1,Mahasiswa UKI St. Paulus Ruteng,1,Mahasiswa/i,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Maya,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Orang Manggarai,1,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Paul Serak Baut,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Perbudakan,1,Profil,3,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Roman,1,Salib Suci,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,8,Selat Sunda,1,Semester Akhir,1,Sepeda Motor,1,Surat Terbuka,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,SVD,1,Tank Tua Merauke,1,Teater Taki Mendi,1,Tidak Disiplin,1,Transportasi Daring,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Ustadz Abdul Somad,1,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Topang Ekonomi, Lansia Pangkalpinang Munculkan Karya Suvenir Kreatif
Topang Ekonomi, Lansia Pangkalpinang Munculkan Karya Suvenir Kreatif
Tak hanya anak muda yang banyak berkreasi, tapi juga lansia. Bila kamu berlibur ke Pangkalpinang, kamu bisa menikmati suvenir kreatif karya para lansia ini.
https://images.detik.com/community/media/visual/2017/11/01/22af4118-ecf0-4fe3-9bc4-b9540d3cc577_169.jpg?w=620
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2017/11/topang-ekonomi-lansia-pangkalpinang.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2017/11/topang-ekonomi-lansia-pangkalpinang.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy