Indonesia Kaya! Ternyata Kalimantan Juga Punya Tradisi Bakar Mayat | Infonewsia

Indonesia Kaya! Ternyata Kalimantan Juga Punya Tradisi Bakar Mayat

PALANGKARAYA, Infonewsia.com Selama ini mungkin sebagian dari kita hanya tahu jika tradisi bakar mayat adanya hanya di Bali-dengan istilah terkenalnya ngaben ataupun di China. 

Nah, sahabat infonewsia, ternyata di Suku Dayak  di Kalimantan juga memiliki ritual dan tradisi serupa, namanya Tiwah.

Tradisi Tiwah dalam suku Dayak di Kalimantan memang belum sepopuler ngaben dalam tradisi orang Bali. Hal ini lantaran tidak dilakukan secara rutin dan meski diwariskan secara turun-temurun. 

Bagi sahabat infonewsia yang tertarik mengikuti jalannya ritualnya ini, sahabat bisa temukan di Kawasan Nasional Tanjung Puting dan Kalimantan Tengah yang terkenal sangat kental dengan suku Dayak. 

Apa itu Tiwah

Tiwah adalah sebuah prosesi mengantarkan roh leluhur, sanak saudara yang telah meninggal dunia ke alam baka. Mayat ini dibakar layaknya tradisi Ngaben di Bali. 

Dikumpulkan Infonewsia.com dari berbagai sumber, Kamis (2/11/2017), tradisi Tiwah adalah prosesi mengantarkan roh leluhur atau sanak saudara yang telah meninggal dunia ke alam baka. Nantinya, mayat ini akan dibakar seperti Ngaben yang ada di Bali.

Umumnya, tradisi ini hanya diadakan jika ada salah satu ketua adat Suku Dayak yang meninggal. 

Tradisi Tiwah Dilakukan


Jenazah yang sudah jadi tulang belulang (@Budaya Indonesia/Youtube)Jenazah yang sudah jadi tulang belulang (@Budaya Indonesia/Youtube)

Sebelum tradisi Tiwah, akan dilakukan lebih dulu tradisi Tantulak. 
Dalam kepercayaan Kaharingan Suku Dayak, seseorang yang telah mati harus diantarkan lebih dulu menuju Bukit Malian. 

Dari sana, sang arwah akan menanti untuk pergi ke Ranying Hattala Langit sampai keluarga yang masih hidup melakukan tradisi Tiwah.

Di dalam prosesi ini, pembakaran tak hanya dilakukan kepada sang ketua adat saja, tapi juga jenazah lain yang telah dikubur.



Jenazah akan dibawa oleh keluarga (@Budaya Indonesia/Youtube)Jenazah akan dibawa oleh keluarga (@Budaya Indonesia/Youtube)

Jadi, sejumlah jenazah yang telah dikubur akan digali lagi. Sejumlah jenazah baik yang masih baru atau yang telah jadi tulang pun akan dibakar bersamaan dengan sang ketua adat.


Tiwah sebagai pelepasan status janda

Tradisi ini pun sekaligus dilakukan untuk memutuskan status janda untuk istri yang ditinggalkan. Setelah tradisi ini dilakukan, sang janda diperbolehkan untuk kembali menikah atau tidak menikah. Sesuai dengan keputusan pribadi.



Diletakkan di dalam wadah untuk dibakar (@Budaya Indonesia/Youtube)Diletakkan di dalam wadah untuk dibakar (@Budaya Indonesia/Youtube)

Tidak seperti Ngaben, tradisi Tiwah ini tidak apat disaksikan setiap waktu. Semuanya kembali lagi, tergantung ada yang meninggal atau tidak.


Selain itu, dibutuhkan uang dan waktu yang tidak sedikit untuk meyelenggarakan tradisi Tiwah. Umumhya, Tiwah dilakukan nonstop selama beberapa hari hingga satu bulan. (RDJ)

KOMENTAR

Featured Post

Tak Hanya Salmafina Sunan, Para Artis Cantik Ini Juga Pindah Keyakinan

Sosok, INFONEWSIA.COM - Nama Salmafina Sunan tengah menjadi sorotan atas kabar pindah keyakinan yang dilakukannya. Meski tak secara gamb...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baiq Nuril,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Paul Serak Baut,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Profil,3,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,7,Selat Sunda,1,Sepeda Motor,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,Tank Tua Merauke,1,Tidak Disiplin,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Indonesia Kaya! Ternyata Kalimantan Juga Punya Tradisi Bakar Mayat
Indonesia Kaya! Ternyata Kalimantan Juga Punya Tradisi Bakar Mayat
Selama ini mungkin sebagian dari kita hanya tahu jika tradisi bakar mayat adanya hanya di Bali-dengan istilah terkenalnya ngaben ataupun di China.
https://newrevive.detik.com/delivery/lg.php?bannerid=0&campaignid=0&zoneid=750&loc=https%3A%2F%2Ftravel.detik.com%2Fdomestic-destination%2Fd-3710469%2Fselain-bali-kalimantan-juga-punya-tradisi-bakar-mayat&referer=https%3A%2F%2Ftravel.detik.com%2Ffototravel%2Fd-3710767%2Ffoto-mengenal-sejarah-banda-neira&cb=bd89c7314a
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2017/12/indonesia-kaya-ternyata-kalimantan-juga.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2017/12/indonesia-kaya-ternyata-kalimantan-juga.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy