Fakta Tentang Sawah Lembor, Dari Kunjungan Politisi Kawakan Hingga Artis
Cari Berita

Advertisement

Fakta Tentang Sawah Lembor, Dari Kunjungan Politisi Kawakan Hingga Artis

Saturday, April 7, 2018

Lembor, Infonewsia.com - Lembor adalah salah satu daerah yang sangat familiar di telinga masyarakat Manggarai, tak terkecuali untuk seluruh daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Wilayah dengan luas 395,51 km2 ini merupakan salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Manggarai Barat. 

Lembor, demikian tidak asing kedengarannya lantaran fakta-fakta terkait keberadaan sawah Lembor. Berikut Infonewsia.com beberkan beberapa  fakta tentang  sawah Lembor.

Sebagai Lumbung Padi NTT

Disebut lumbung padi NTT karena daerah ini memiliki luas lahan sawah fungsional 3.528 hektar, terdiri dari irigasi teknis 2.896 hektar, setengah teknis 278 hektar, irigasi sederhana 309 hektar dan sawah tadah hujan 45 hektar. 

Hasil panen persawahan Lembor dengan Luas Wilayah 3.500 hektar ini pun  bisa menyuplai persedian beras daerah-daerah lain di NTT. 

Memiliki lanscape yang landai

Yang tidak kalah menarik dari Sawah Lembor adalah letaknya yang strategis dan lanscapenya yang landai.

Panorama lanscape yang demikian membuat siapa saja yang sempat melewati area persawahan lembor menyempatkan diri berswa-foto, memotret gambar dan mengambil video.

Bahkan dari politisi kawakan seperti SBY, Djarot Shaiful Hidayat bersama keluarga hingga para artis  pernah jatuh hati - mengambil foto dengan latar persawahan yang demikian aduhai dan memesona ini.

Pernah dikunjungi tiga Kabinet Indonesia Bersatu

Pada bulan oktober 2013, tiga Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II diundang untuk melakukan Panen Raya padi di lahan irigasi persawahan Lembor. Ketiga Menteri itu adalah Menteri Koordinator Ekonomi, Menteri Pertanian dan Menteri Pekerjaan Umum.

Sawah dengan Sistem Irigasi

Sawah Lembor merupakan persawahan yang menggunakan sistem irigasi, di mana pengairan sawah berasal dari tiga sumber air bendungan yakni bendungan Wae Raho dan Wae Sele dan Wae Kanta.

Ketiga bendungan ini mengairi persawahan Lembor yang melingkupi persawahan Daleng, Lus, Poco Koe, Wae Nakeng, Lendo, Wae Bangka, Siru serta Ngalor Kalo dan sekitarnya. 

Berikut koleksi foto persawahan Lembor
@advinavina

@dogasislobaloba

@edohambur

@robertuspudyanto

@robertuspudyanto

@vistabeoge
@lostbackpacker



Penulis: Rian Agung
Editor: Rikard Djegadut