Fakta Terbongkar! Tentang Kepulaun Cocos, Darah Daging Indonesia Yang Terlupakan | Infonewsia

Fakta Terbongkar! Tentang Kepulaun Cocos, Darah Daging Indonesia Yang Terlupakan

Satu pertanyaan yang ditanyakan kepada kita orang Indonesia? Apakah kamu pernah mendengar tentang Cocos Island?  Aatau sederhananya, siapa di antara kita yang pernah mendengar Cocos Islands? Jujur saja, mungkin tak banyak orang Indonesia yang tahu letaknya, apalagi fakta tentang pulau tersebut.
Fakta Tentang Kepulaun Cocos, Darah Daging Indonesia Yang Terlupakan
Photo: Wordlatlas

Bahkan Saya pernah bertanya kepada salah seorang pengajar di jurusan hubungan internasional di sebuah kampus ternama di Indonesia, dan beliau pun tak tahu, pun tak pernah pula mendengarnya. Inilah salah satu tempat 'penting' bagi kita, bangsa Indonesia, namun mungkin yang paling terlewatkan.

Kita pernah mendengar bagaimana diaspora Indonesia bertebaran dari Suriname, Sri Lanka, hingga Afrika Selatan. Atau Thailand, Vietnam, atau Belanda. Namun tidak dengan tempat ini. Padahal, ini juga darah daging Indonesia.

Cocos Islands adalah kepulauan kecil yang terdiri dari 27 pulau koral dan 2 pulau atol, terletak sekitar 1000 km dari Jakarta, yakni sebelah selatan Pulau Jawa di Samudra Hindia, dan 2800 km dari Perth, Australia. Penduduknya sekitar 600-an orang.


Cocos Islands masuk dalam teritori negara Australia sejak 1955 setelah sebelumnya dikuasai Inggris, dan Sri Lanka.

Nah, yang unik dari pulau ini adalah bahwa 90% penduduknya adalah muslim, dan beretnis Jawa dan Melayu. Betul, mereka adalah keturunan para pekerja yang didatangkan oleh Inggris dari Jawa pada abad 19, untuk bekerja di perkebunan di sana.
Fakta Tentang Kepulaun Cocos, Darah Daging Indonesia Yang Terlupakan

Konon, para keturunan Jawa ini masih memegang budaya Jawanya, bahkan di antara golongan tuanya, masih ada (mungkin sedikit) yang masih bisa berbahasa Jawa.

Bahkan, di dalam logo kepulauan tersebut, terdapat tulisan berbahasa Indonesia “Maju Pulau Kita”. Tidak hanya itu, wayang kulit pun diadopsi menjadi gambar di perangko nasional Australia. 
Photo: travelquez

Dulunya, wayang-wayang yang dibuat di Cocos itu mereka buat dari kulit hiu kering, sedangkan dalang terakhir mereka Mbah Itjang meninggal pada tahun 1949.

Pemerintah Australia secara tegas mewajibkan penggunaan Bahasa Inggris di sekolah-sekolah di pulau tersebut, bahkan konon anak-anak yang masih menggunakan bahasa asli mereka, dulunya dihukum. 

Wallahualam. Banyak orang Jawa yang bahkan tidak pernah tahu keberadaan saudara-saudara mereka di pulau kecil nan terpencil ini, yang saya tahu, beberapa tahun lalu ada rombongan turis dari Malaysia yang berwisata ke pulau ini. Wajar saja, karena keturunan melayu Malaysia juga banyak.

Kedatangan mereka, tentu saja menjadi obat rindu etnis Jawa atau Melayu disana yang begitu jauh terpisah dari mana-mana, dan jarang bertemu orang dari luar wilayah mereka. Kita sering mendengar dan mempelajari Suriname, tentu saja, dimana banyak keturunan Jawa yang ada di sana.

Namun, kita seolah melupakan saudara kita di selatan sana. Kalau ada waktu, kalau ada dana, visit Cocos Islands.


Penulis: Akhyari Hananto 
Sumber: goodnewsfromindonesia.id

KOMENTAR

Featured Post

Kisah di Balik Tiwu Ndegar Peka Yang Misterius dan Keberadaan si 'Kakar Tana' Bermata Kucing

Wisata, Infonewsia.com - Pernah melihat 'Kakar Tana dan pengin melihat seperti apa kecantikannya? Silahkan berkunjung ke Tiwu Ndegar...

Popular Posts

Name

Artikel,23,ASN NTT,1,Baiq Nuril,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Ekonomi,4,Facebook,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Kakar Tana,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kiriman Pembaca,1,Lifestyle,5,Mabar,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Opini,12,Paul Serak Baut,1,Penegakan Hukum,1,Profil,3,Puisi,5,Sandiaga Uno,1,Sastra,7,Selat Sunda,1,Tidak Disiplin,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Viktor Laiskodat,2,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,14,
ltr
item
Infonewsia: Fakta Terbongkar! Tentang Kepulaun Cocos, Darah Daging Indonesia Yang Terlupakan
Fakta Terbongkar! Tentang Kepulaun Cocos, Darah Daging Indonesia Yang Terlupakan
Penduduk kepulaun Cocos merupakan keturuanan Indonesia yang terlupakan.
https://4.bp.blogspot.com/-rVaqpLutlj8/WuBr-8EAjNI/AAAAAAAAAkY/_8kj02nR08sRKI6cErVvddQtvr3TusQZgCLcBGAs/s640/Cocos%2BIsland%2BChildren%2B-Infonewsia.com.png
https://4.bp.blogspot.com/-rVaqpLutlj8/WuBr-8EAjNI/AAAAAAAAAkY/_8kj02nR08sRKI6cErVvddQtvr3TusQZgCLcBGAs/s72-c/Cocos%2BIsland%2BChildren%2B-Infonewsia.com.png
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2018/04/fakta-terbongkar-tentang-kepulaun-cocos.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2018/04/fakta-terbongkar-tentang-kepulaun-cocos.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy