Lengkap! Ini Profil Rocky Gerung, Pengamat Politik Indonesia Paling Fenomenal | Infonewsia

Lengkap! Ini Profil Rocky Gerung, Pengamat Politik Indonesia Paling Fenomenal

Profil, Infonewsia.com - Pria berkacamata itu bernama lengkap Rocky Gerung. Ia adalah pengamat politik yang paling banyak dibicarakan di media sosial. Pria bertubuh kecil itu identik dengan kacamata kecil serta sweeter yang selalu digantung di bahunya. 

Dengan latar belakang filsafat, Rocky Gerung menjadi pengamat yang paling kritis dan acapkali mengkritisi rezim Jokowi-JK. Ia mulai terkenal karena komentarnya yang kontroversial di layar kaca.

Rocky Gurung dikenal sebagai seorang pengamat politik, peneliti di Perhimpunan Pendidikan Demokrasi, dan dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Argumentasinya seringkali menjadi sorotan karena mengundang kontroversi.

Rocky lahir di Manado, 20 Januari 1959. Ia meraih gelar sarjana dari Universitas Indonesia saat usianya 27 tahun. Pada tahun 2007, Rocky mendirikan lembaga SETARA Institute yang fokus pada isu kesetaraan, HAM, dan keberagaman. 

Pria berkaca mata ini berprofesi sebagai tenaga pengajar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Ia sangat familiar dengan dunia pemikiran.

Sebagai orang yang dekat dengan dunia filsafat, seringkali Rocky mengeluarkan pendapat menggunakan bahasa-bahasa filsafat di mana sering menimbulkan pro dan kontra. Ia juga sering menulis pandangannya di media.

Terkenal Karena Soal Penanganan Hoax

Namanya mulai dikenal luas saat ia sering menyampaikan kritiknya terutama di era pemerintahan Joko Widodo. Salah satu isu yang diangkat yaitu masalah penanganan hoax atau berita palsu yang banyak beredar di media sosial saat ini. 

Menurut Rocky, pemerintah pada saat ini sedang panik. Dirinya juga berpendapat kalau pembuat hoax tebaik adalah penguasa. Itulah salah satu pernyataan kontroversinya.

Sosoknya makin populer setelah sering tampil sebagai narasumber di Indonesia Lawyers Club yang tayang di tvOne. Beragam tema yang diusung ILC dengan host Karni Ilyas di program ini Rocky Gerung berhasil menjawabnya dengan penuh filosofi.

Saking menguasainya beragam persoalan yang dibahas di ILC, ia sering dipanggil dengan sebutan profesor. Namun, ia menolaknya. Rocky bilang, ia bisa jadi profesor, tapi tak perlu. Begitu jawabnya.

Tak hanya itu, Rocky Gerung juga mampu menjawab dan berinteraksi di media sosial Twitter. Cuitannya selalu bernas dan kadang mengocak perut warganet. Beragam komentar pun bemunculan, baik yang pro maupun kontra. Ia tetap menikmatinya.

Cuitan Racland Soal Keaslian Rocky Gerung

Untuk melengkapi tulisan ini, berikut penulis lampirkan cuitan Racland  Nashick soal keaslian Rocky Gerung. Rackaln Nashik adalah sahabat Rocky Gerung, sekaligus murid Rocky Gerung selama di UI. 

Jokowers menyerang @rockygerung dari menyoal panggilan “Prof” sampai  menuduh Dosen UI gadungan. Rocky dosen saya di Filsafat UI saat masih bagian dari fakultas sastra. Dari dulu dikenal jenius. Mungkin karena itu orang memanggilnya “Prof”. Ia tak pernah meminta dipanggil begitu.

Aktivis 80-an pasti tahu “Sekolah Ilmu sosial”-yayasan padi dan kapas. Di sini, orang belajar pemikiran politik para pendiri bangsa hingga filsuf besar dunia. SIS juga reguler promosikan karya-karya akademis para intelektual Indonesia. Siapa kepala sekolahnya? Rocky Gerung.

Prof. Toety tak berkutik meski @rockygerung menolak tawaran bea siswa Doktor dari Perancis. Jawaban Rocky: “Ibu yang mau saya punya gelar doktor, bukan saya. Yang penting saya sudah buktikan saya mampu,” begitulah Rocky ia tak peduli pada gelar kearjanaan.

Profesor Perancis itu juga kecewa. Ia tahu prosedurnya: tak mungkin @rockygerung diizinkan ambil gelar doktor tanpa S2. Meski menurutnya Rocky lebih dari pantas. Rocky tak ambil pusing. “Urusan Gue tulis Paper dan lulus. Soal prosedur lulusan dia. Gua tak tertarik ambil doktor”

Abdurahman Wahid adalah sahabat lekat @rockygerung. Gusdur tak pernah lupa ucapkan selamat Natal untuknya. Saat memimpin forum demokrasi, statetmen-statetmen Gus Dur selalu ditunggu dan selalu jadi berita. Siapa yang ia percaya jadi Ghost Writer? Rocky Gerung.

Kenapa @rockygerung tak tertarik gelar? Sebagian, sebab mungkin seperti yang ia bilang: “Gelar ijazah bukti lu pernah sekolah buak bukti lu bisa mikir,”. Saat ijazah bisa dibeli saat Universitas di masa Orba cuma alat hegemoni politik, Rocky menolak tunduk pada ijazah dan gelar.

Saya sendiri menduga-duga, mungkin @rockygerung diam-diam membaca dan terpengaruh buku “Deschooling Society” karya Ivan Illich, seorang Filsuf Austria. Rumah buku di kamarnya tak cukup menampung buku-buku. Saya kenal John Rawls, Michael Walzer, Foucault, Judith Skhar darinya.

Sebagai “ex-room mate” dan salah satu dari sedikit sahabatnya, saya sering diam-diam meminjam tanpa pamit buku-buku @rockygerung. Selalu ketahuan tapi dia maklum. Saat kami muda, ada pemeo: “Cuma orang bodoh yang meminjam buku. Tapi lebih bodoh orang yang mengembalikan”.

  Tapi tak semua buku @rockygerung menarik minat saya. Misalnya buku buku Robert Nozick.Saya lebih tertarik pada buku-buku karya Juergen Habermas yang sudah ia koleksi bahkan saat banyak intelektual Indonesia lain masih asing pada nama filsuf Jerman pendiri Frankfurt Schule itu.

Gegara buku-buku Habermas @rockygerung saya lulus test masuk Filsafat UI. Mungkin karena saat wawancara, saya bikin senang Guru Besar Filsafat UI — tak saya sebut namanya — dengan mengutip pikiran-pikiran Habermas. Kata Rocky: “Apa gue bilang, Profesor aja bisa lu tipu”.

Di Puncak, Bogor, suatu hari, mobil bekas yang baru saya beli tak bisa dihidupkan. Kebetulan @rockygerung ada di Puncak, siap-siap naik gunung. Rocky datang ke hotel meriksa mesin mobil. Dalam sepuluh menit mobil hidup. Sebelum Filsafat, Rocky mahasiswa Fakultas Teknik UI.

Saya punya kesamaan dengan @rockygerung. Tapi juga perbedaan: Rocky itu book worm. Saya baca buku bila butuh penjelasan atas sesuatu hal. Anak ketiga dari keluarga kaya berumah di Agus Salim, Menteng, ia berlangganan jurnal-jurnal internasional. Foreign Affairs, misalnya.

Tapi keliru menganggap Rocky “a nerd”, semata karena ia baca buku. Lulusan Perguruan Silat Bangau Putih ini, yang membengkokkan tiang pompa besi sekali pukul, juga menyimpan banyak kisah cinta. Dan bikin banyak perempuan patah hati. Tentu saya tak akan cerita detil bagian ini.

 @rockygerung punya peran khusus. Ia membantu menuliskan pledoi para aktivis yang diadili dan dibui karena sikap politik mereka. Seorang soliter sejati, ia sangat bersetia pada kawan. Kecuali soal pacar.

Begitu dulu cerita saya tentang @rockygerung: guru, sekutu dan sahabat saya sampai sekarang. Saya kenal dia luar dalam. Begitu juga sebaliknya. Kami antara lain sama-sama pernah bekerja di Yayasan Pusat Studi Hak Asasi Manusia. Juga sama-sama pendiri PBHI dan Institut Setara.

Bagi teman-teman yang belum kenal Sosoknya, silahkan simak video berikut.



Penulis: Rikard Djegadut 

KOMENTAR

Featured Post

Kisah di Balik Tiwu Ndegar Peka Yang Misterius dan Keberadaan si 'Kakar Tana' Bermata Kucing

Wisata, Infonewsia.com - Pernah melihat 'Kakar Tana dan pengin melihat seperti apa kecantikannya? Silahkan berkunjung ke Tiwu Ndegar...

Popular Posts

Name

Artikel,23,ASN NTT,1,Baiq Nuril,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Ekonomi,4,Facebook,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Kakar Tana,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kiriman Pembaca,1,Lifestyle,5,Mabar,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Opini,12,Paul Serak Baut,1,Penegakan Hukum,1,Profil,3,Puisi,5,Sandiaga Uno,1,Sastra,7,Selat Sunda,1,Tidak Disiplin,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Viktor Laiskodat,2,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,14,
ltr
item
Infonewsia: Lengkap! Ini Profil Rocky Gerung, Pengamat Politik Indonesia Paling Fenomenal
Lengkap! Ini Profil Rocky Gerung, Pengamat Politik Indonesia Paling Fenomenal
Profil lengkap Rocky Gerung, Pengamat Politik Indonesia paling kontroversial dan fenomenal
https://4.bp.blogspot.com/-SyT7RvWPkLE/Wtht3UlgqHI/AAAAAAAAAhk/wO7xp6HgA1Ah_CHEUesj1gN-ToNaKZ5PwCLcBGAs/s640/rocky%2Bgerung%2Bdian%2Bsastro.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-SyT7RvWPkLE/Wtht3UlgqHI/AAAAAAAAAhk/wO7xp6HgA1Ah_CHEUesj1gN-ToNaKZ5PwCLcBGAs/s72-c/rocky%2Bgerung%2Bdian%2Bsastro.jpg
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2018/04/lengkap-ini-profil-rocky-gerung.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2018/04/lengkap-ini-profil-rocky-gerung.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy