Pilgub NTT: Mengapa Pilih Benny Khabur Harman | Infonewsia

Pilgub NTT: Mengapa Pilih Benny Khabur Harman

Opini, Infonewsia.com - Konsep  negara hukum menghendaki segenap warga negara memahaminya. Pemahaman tersebut berlaku dalam tataran teoretis maupun praksis.

Pemahaman hukum secara teoretis merupakan dasar. Dasar menuntun kita menggunakan hukum. Baik dalam hidup bermasyarakat maupun bernegara.

Karena kita hidup bernegara, maka banyak kepentingan. Kepentingan tersebut lahir dari tuntutan masyarakat. Sebut saja kepentingan ekonomi, politik,sosial, budaya serta adat istiadat

Pada titik inilah kedalaman pemahaman  hukum diperlukan. Hukum dijadikan sebagai instrumen untuk mengatur dan menata berbagai kepentingan yang ada. Hukum dipandu  untuk memenuhi rasa keadilan dalam  masyarakat.

Rasa keadilan dalam masyarakat hadir dengan kerja keras. Hal ini terwujud, tidak hanya kerja dari para penegak hukum tetapi lebih utama ialah keteladanan seorang kepala daerah terpilih.

Dalam waktu dekat, kita diperhadapkan dengan momentum memilih kepala daerah. Kita memilih pemimpin daerah yang sadar akan upaya penegakan hukum. Pemimpin yang mempunyai kepekaan sosial tinggi.

Mengenai hal ini, kita diperhadapkan dengan seluruh pasangan calon yang ada. Kita memilih sesuai degan  pilihan politik kita masing-masing. Paling penting ialah calon kepala daerah yang tidak sedang terjerat  masalah hukum.

Dalam konteks Pemilukada NTT yang sedang bergulir,  ada peserta yang sedang tersangkut kasus hukum dengan status tersangka. Maka, kita tidak mungkin memilihnya. Sebab status tersangka merupakan bukti rendahnya kesadaran akan hukum. Ketidakpahaman hukum membawanya pada perbuatan korup dengan daya rusak tinggi.

Perbuatan korup tersebut tidak hanya merusak si calon kepala daerah, masyarakat pemilih secara umum pun ikut menanggung beban malu. Sebab selama ini, NTT kerap didera stigma daerah terkorup, termiskin yang merupakan konsekuensi dari perbuatan korupsi tersebut.

Pilgub NTT

Kembali kepada demokrasi elektoral pemilihan kepala daerah. Pemilukada menjadi jalan memilih kepada daerah. Dia akan memimpin daerah selama lima tahun ke depan.

Karena kita memilih, melekat tanggung jawab hukum dan sosial. Tanggungjawab karena ada aturan memaksa kita memilih. Tanggungjawab sosial berkaitan dengan pilihan politik kita.

Kita diperhadapkan dengan dua pilihan politik. Pilihan pertama yakni calon kepala daerah dengan kadar pemahaman hukum rendah. Pilihan kedua yakni calon kepala dengan pemahaman hukum komprehensif. Baik secara teoretis maupun praksisnya.

Kasus NTT merupakan contoh nyata dari gambaran di atas. Ada calon kepala daerah telah ditetapkan sebagai tersangka. Penetapan tersangka ada dasarnya. Ada bukti permulaan yang cukup bagi KPK.

Dengan demikian, hanya tiga paket yang masih tersisa. Ketiga pasangan tersebut bebas dari sangkaan hukum. Pasangan tersisa tersebut, berangkat dari latar belakang pengetahuan yang berbeda.

Menakar Pemahaman Hukum Para Calon

Di antara ketiga paket yang tersisa, kita mampu melihat dengan cerdas, pasangan mana yang mampu membawa NTT ke arah yang lebih baik. Terutama persoalan penegakan hukum yang masih timpang.

Alat ukurnya sangat sederhana. Kita melihat rekam jejak para calon. Latar belakang akademis menjadi acuan utama. Pengalaman praktik dalam bidang hukum merupakan prioritas kedua.

Penulis ingin mengajak masyarakat  salah satu pasangan calon gubernur kita. Yakni BKH yang  berpasangan dengan Benny Litel Noni, yang sekarang menjabat wakil Gubernur  NTT. 

Dari kemampuan akademis, terutama soal hukum tidak perlu diragukan. Beliau merupakan Doktor di bidang hukum dengan konsentrasi Hukum Tata Negara.

Pengalaman praktik hukum juga menjanjikan. Beliau pernah mendirikan lembaga bantuan hukum. Mempunyai kantor Hukum. Pernah menjabat sebagai ketua komisi III zaman SBY dan terakhir sebagai wakil ketua komisi III DPR RI, Komisi yang membidangi Hukum dan Hak Asasi Manusia.( HAM).

Pengalaman tersebut di atas lebih dari cukup. Menghadirkan warna baru dalam penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia di Bumi Flobamora yang tersohor dengan julukan propinsi dengan tingkat korupsi akut.

BKH Adalah Pilihan yang Tepat

Hadirnya BKH, merupakan fajar baru bagi penegakan hukum dan HAM di NTT. Selain itu, perpaduan antara seorang Benny K. Harman yang berlatar belakang hukum dengan Benny Litelnoni yang sudah makan garam di dunia birokrasi  menjadikan  pasangan ini lebih dari ideal. Pengalaman dalam dunia birokrasi sang Wakil menggenapi kesempurnaan pasangan ini.

Akhirnya, kita dituntut untuk memilih. Apakah kita akan  memilih calon kepala daerah dengan kualitas pemikiran yang rendah atau memilih calon dengan kemampuan mentereng, terutama dalam bidang hukum?

Ingatlah, penyebab utama kemiskinan di NTT adalah korupsi. Korupsi akan lenyap dengan keteladanan pemimpinnya. Pemimpin yang punya visi. Pemimpin yang mengerti dan tahu caranya menghadirkan keadilan hukum bagi seluruh masyarakat menjadi obat paling mujarab untuk mengusir kemiskinan dari tanah Flobamorata.***



Penulis: Marsi Edon, Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Kristen Indonesia, Jakarta.

Catatan Redaksi:                                             

Opini kolom ini adalah tulisan pribadi Penulis, isinya tidak mewakili pandangan Redaksi Infonewsia.com*

KOMENTAR

Featured Post

Tak Hanya Salmafina Sunan, Para Artis Cantik Ini Juga Pindah Keyakinan

Sosok, INFONEWSIA.COM - Nama Salmafina Sunan tengah menjadi sorotan atas kabar pindah keyakinan yang dilakukannya. Meski tak secara gamb...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baiq Nuril,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Paul Serak Baut,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Profil,3,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,7,Selat Sunda,1,Sepeda Motor,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,Tank Tua Merauke,1,Tidak Disiplin,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Pilgub NTT: Mengapa Pilih Benny Khabur Harman
Pilgub NTT: Mengapa Pilih Benny Khabur Harman
Benny Khabur Harman(BKH) merupakan fajar baru bagi penegakan hukum dan HAM di NTT. BKH adalah sosok yang paling ideal menjadi gubernur NTT BKH sangat paham terhadap ketimpangan hukum di NTT. .
https://2.bp.blogspot.com/-V-6LAL8NPqo/WsJAh5xnl8I/AAAAAAAAANw/4XTlTE1NjOIk59Z6eAAqPs5r_FjnkSlbQCLcBGAs/s640/Benny-Senayan.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-V-6LAL8NPqo/WsJAh5xnl8I/AAAAAAAAANw/4XTlTE1NjOIk59Z6eAAqPs5r_FjnkSlbQCLcBGAs/s72-c/Benny-Senayan.jpg
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2018/04/pilgub-ntt-mengapa-pilih-benny-khabur.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2018/04/pilgub-ntt-mengapa-pilih-benny-khabur.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy