Bupati Manggarai: Teater LIngko Randang, Salah Satu Inovasi Budaya Manggarai.
Cari Berita

Advertisement

Bupati Manggarai: Teater LIngko Randang, Salah Satu Inovasi Budaya Manggarai.

Sunday, May 13, 2018

Ruteng, Infonewsia.com - Para mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng mementaskan teater budaya yang berjudul Lingko Randang di Lapangan Motang Rua, Ruteng, Flores-NTT (Sabtu, 5/5/2018).

Teater yang disusun oleh Dr. Inosensius Sutam (dosen STKIP Santu Paulus) ini dihadiri sejumlah tokoh, di antaranya: Dr. Kamelus Deno (Bupati Manggarai) beserta jajarannya,  Pimpinan STKIP Santu Paulus, Pimpinan Yayasan Santu Paulus, Pimpinan STIKES Santu Paulus Ruteng, para dosen, pegawai, dan mahasiswa serta masyararakat Manggarai. 

Pementasan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (2 Mei 2018).

Ketua STKIP Santu Paulus Ruteng Dr. Yohanes S. Lon, M.A dalam sambutannya mengatakan bahwa pementasan teater budaya yang diperankan oleh mahasiswa STKIP adalah bagian dari pembentukan diri mahasiswa yang berbudaya dan berpendidikan.

Karena itu, ucapan terimakasih setingi-tingginya  kepada pemerintah Kabupaten Manggarai (dalam hal ini Bupati Manggarai) yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan keluarga besar STKIP untuk mementaskan teater tradisi.

Ketua sekolah mengajak seluruh pihak untuk nai ca anggit tuka ca leleng untuk meningkatkan mutu pendidikan dan budaya Manggarai. Sebab orang yang berpendidikan baik dan berbudaya tinggi mampu bertahan di era globalisasi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Manggarai dalam sambutannya mengatakan bahwa pementasan teater Lingko Randang adalah inovasi baru dalam mewariskan kebudayaan Manggarai. Bahkan beliau menyatakan bahwa Lingko Randang adalah teater tradisi pertama yang dipentaskan di Manggarai.

‘‘Kita harus akui bahwa pementasan teater tradisi yang dipentaskan oleh sivitas akademika STKIP adalah pertama kali dalam sejarah, dan ini adalah sebuah inovasi. Sebab bangsa yang maju adalah bangsa yang banyak inovasi-inovasi, dan teater lingko randang adalah salah satu inovasi budaya Manggarai. Karena itu selaku bupati Manggarai saya mengucapakan terimakasih kepada STKIP yang telah menterjemahkan secara konkrit tema HARDIKNAS 2018’’, kata Bupati Manggarai dalam sambutannya.

Bupati Manggarai menegaskan bahwa Pemerintah terus mendukung upaya-upaya STKIP Santu Paulus Ruteng dalam meningkatkan Sumber daya manusia, secara khusus dalam upaya peningkatan status lembaga STKIP dari sekolah tinggi ke Institut atau Universitas.

Teater budaya Lingko Randang yang dipentaskan di lapangan Motang Rua tersebut secara garis besar  dibagi atas tiga tahap, yakni tahap pertama proses pembentukan lingko atau lodok, kedua proses penanaman sampai panen,  ketiga proses perayaan pasca panen.

Tahap kedua dan ketiga dipentaskan dalam formasi lodok atau jaring laba-laba. Selain itu danding, mbata dan caci dipentaskan di pusat lingko atau lodok. Pementasan itu diselingi dengan tarian hegong dan jai’i.

Para penabuh gong dan gendang yang juga adalah para mahasiswa menunjukkan cara-cara menabuh gong dan gendang, lalu diikuti oleh para pemain caci yang menunjukkan cara ta’ang dan cara paki.



Editor: Rikard Djegadut