Wow! Indonesia Punya Teratai Raksasa, Lokasinya di Danau Rana Tonjong, Manggarai Timur | Infonewsia

Wow! Indonesia Punya Teratai Raksasa, Lokasinya di Danau Rana Tonjong, Manggarai Timur

Borong, Infonewsia.com - Flores seperti lembar - lembar kitab kuno yang terkunci dalam waktu yang teramat panjang. Selalu ada misteri yang tersimpan rapi dan waktu membukanya satu per satu.
Danau Rana Tonjong, rumah bagai teratai raksasa di Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur, Flores, NTT

Rabu, 3 Mei 2017, tim Flores Bird Watching melakukan perjalanan sehari menuju kawasan pesisir utara Flores. Kawasan ini merupakan kawasan yang masih sulit diakses karena jalur transportasi yang masih buruk. Minimnya akses ke wilayah ini membuat potensi pariwisatanya belum terjamah.

Perjalanan dimulai saat subuh dari Ruteng, ibukota kabupaten Manggarai menuju ke utara. Perhentian pertama kami adalah hutan di wilayah Gapong (30 km dari Ruteng).

Matahari belum nampak di celah - celah perbukitan. Kami menyusuri tepi hutan di sepanjang jarak 2 km untuk memotret burung - burung eksotis yang mendiami wilayah itu.

Dua jam, kami mengadu keberuntungan dan beberapa burung telah berhasil mengisi memori kamera kami masing - masing. Meski belum maksimal karena waktu yang terbatas, namun penjelajahan singkat pagi itu memberikan gambaran yang cukup bagi kami akan potensi wisata pengamatan burung di kawasan itu.

Perjalanan kami lanjutkan menuju Reo, sebuah kota kecamatan di pesisir utara kabupaten Manggarai. 2 km sebelum memasuki kota, kami berhenti sejenak mengisi perut dengan sarapan nasi bambu bakar. Ini adalah oleh - oleh khas dari Reo selain ikan Cara. Tentang keduanya akan saya ceritakan di bagian yang lain.

Perjalanan kami lanjutkan menyusuri pesisir utara ke arah timur dari Reo menuju Pota, di wilayah kabupaten Manggarai Timur. Perjalanan dari Reo ke Pota memakan waktu 1,5 jam dangan jarak tempuh 55 km. Melewati jalan berkelok - kelok khas Flores, dengan 80% kawasannya tak berpenghuni. 

Sesampai di Pota, matahari sudah hampir lurus di atas ubun - ubun. Tujuan kami hanya satu, Danau Rana Tonjong. Dalam bahasa lokal, Rana artinya danau dan tonjong adalah nama lokal untuk teratai.

Danau seluas 3 hektar ini, bukan danau biasa yang (mungkin) dalam benak kita adalah danau dengan air dan beberapa tanaman air mengambang di atasnya. Rana Tonjong adalah danau yang unik karena seluruh permukaannya ditutupi tanaman teratai raksasa!

Tidak sulit mencapai danau yang sejatinya adalah rawa - rawa ini. Kendaran roda dua maupun empat bisa langsung berhenti di sekitar danau. Letaknya juga hanya 1 km dari jalan raya trans utara Flores, tepatnya di kampung Paci Panda, Desa Nanga Mbaling, Sambi Rampas, Manggarai Timur.

Siang itu kami disambut oleh seoarang warga setempat, Abdulah yang oleh pemerintah Manggarai Timur ditugaskan sebagai penjaga kawasan wisata Rana Tonjong dengan status pegawai harian lepas. 

Abdulah menjelaskan bahwa Rana Tonjong mulai dikenal luas sejak tahun 2011. Meski belum maksimal dalam hal pengelolaan dan promosi, ditambah dengan buruknya akses transportasi namun pesona Rana Tonjong dengan hamparan Lotus Raksasanya telah memancing wisatawan yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Dari informasi yang saya dapatkan di situs - situs berita online, Danau Teratai Raksasa Rana Tonjong adalah yang terbesar ke dua di dunia setelah di India. 

Tinggi batang teratai di Rana Tonjong bisa mencapai 2,5 m dengan diameter daun mencapai 60 cm. Sedangkan diameter bungan Lotus saat mekar bisa mencapai 50 cm dengan panjang kelopak bunganya mencapai 25 cm.

Bulan terbaik mengunjungi Rana Tonjong adalah akhir Maret hingga awal Juni, yang merupakan puncak mekar bunga - bunga teratai. Selain menikmati keindahan bunganya, biji teratai juga bisa langsung dimakan. Rasanya menyerupai kacang tanah yang dimakan mentah.

Saat ini, menyusuri tepi danau sudah sangat mudah karena Abdulah dan dua orang petugas lainnya telah membuka jalur trekking mengelilingi danau. 

Dari Abdulah juga kami mendapatkan informasi bahwa selain teratai raksasa, di kawasan rana Tonjong juga ditemukan Komodo Flores yang ukuran tubuhnya lebih kecil dari Komodo di TN Komodo tetapi memiliki corak warna yang lebih cantik.

Bagi pengunjung yang ingin menjelajah wilayah itu, sebaiknya menginap selama satu malam di salah satu penginapan sederhana di Pota. 

Ada banyak hal menarik yang ditawarkan di sana, dan tentu saja kawasan pantai utara yang teduh akan melengkapi kisah petualangan ke pesisir utara Flores yang penuh misteri.



Sumber: detiktravel.com 

KOMENTAR

Featured Post

Tak Hanya Salmafina Sunan, Para Artis Cantik Ini Juga Pindah Keyakinan

Sosok, INFONEWSIA.COM - Nama Salmafina Sunan tengah menjadi sorotan atas kabar pindah keyakinan yang dilakukannya. Meski tak secara gamb...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baiq Nuril,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Paul Serak Baut,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Profil,3,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,7,Selat Sunda,1,Sepeda Motor,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,Tank Tua Merauke,1,Tidak Disiplin,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Wow! Indonesia Punya Teratai Raksasa, Lokasinya di Danau Rana Tonjong, Manggarai Timur
Wow! Indonesia Punya Teratai Raksasa, Lokasinya di Danau Rana Tonjong, Manggarai Timur
Danau Rana Tonjong, rumah bagai teratai raksasa di Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur, Flores, NTT
https://3.bp.blogspot.com/-jdGnvVDZpW0/WvvBAYk2uDI/AAAAAAAAAxA/C61IWznMzHY1D2f-5Z_ZZCgkIiTh1HwkgCLcBGAs/s640/danau%2Blotus%2Braksasa.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-jdGnvVDZpW0/WvvBAYk2uDI/AAAAAAAAAxA/C61IWznMzHY1D2f-5Z_ZZCgkIiTh1HwkgCLcBGAs/s72-c/danau%2Blotus%2Braksasa.jpg
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2018/05/wow-indonesia-punya-teratai-raksasa.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2018/05/wow-indonesia-punya-teratai-raksasa.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy