Mengenal Wihelmus Syukur, Pengusaha Muda yang Sukses, Calon DPRD Kabupaten Manggarai Barat | Infonewsia

Mengenal Wihelmus Syukur, Pengusaha Muda yang Sukses, Calon DPRD Kabupaten Manggarai Barat

Wihelmus Syukur, salah satu putra terbaik Desa Mbuit kecamatan Boleng,  Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) merupakan seorang pengusaha muda yang sukses.
Wilhermus Syukur, Caleg DPRD, Manggarai Barat

Sosok Wihelmus  boleh dibilang sudah selesai dengan diri sendirinya. Karena itu, baginya, terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Mabar tidak ditunggangi kepentingan lain selain untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan terlibat aktif dalam proses pembangunan di daerah tersebut.

Majunya Wihelmus dalam pertarungan elektoral pemilihan legislatif di Mabar juga tidak terlepas dari esensi politik itu sendiri. Politik adalah hak semua warga Negara. Politik bukan milik privillege orang-orang tertentu dan yang lebih penting hak berpolitik tidak untuk dikapitalisasi. 

Berkelindan dengan itu Wihelmus berani mencalonkan diri tanpa dibatasi oleh asal usul ilmu pendidikan dan profesinya. Baginya,  yang terpenting, politik bukan semata-mata  untuk membesarkan namanya, tetapi jauh lebih dari Wihelmus ingin  menjadikan dirinya bagian dari tokoh pembangunan yang mendatangkan kesejahteraan bagi rakyat. 

Persis, di sinilah Wihelmus disebut sebagai petarung sejati.  Dia tinggalkan kenyamanan hidup pribadi, lalu dengan mantap dan pasti maju untuk membela kepentingan rakyat lewat pemilihan legislatif mendatang.

Untuk diketahui siapa sebenarnya Wilhelmus Syukur ini. Nama Wily tentu tidak asing lagi bagi masyarakat (ase kae warga) Mbuit, bukan karena beliau seorang politikus kawakan, bukan karena beliau seorang pejabat penting di instansi pemerintah, bukan pula karena beliau seorang anggota dewan aktif, tetapi masyarakat (ase kae warga) Mbuit mengenalnya karena sosoknya yang sederhana dan pekerja keras.

Beliau di kenal sebagai pengusaha sukses di Desa Mbuit. Bahkan tidak berlebihan jika beliau dinobatkan sebagai salah satu pengusaha sukses di Kecamatan Boleng.        Mungkin banyak yang menanyakan, apa  usahanya sehingga bisa di bilang salah satu pengusaha sukses?

Usaha dan Awal Kesuksesan Wihelmus

Menarik memang jika kita mengulas sedalam  mungkin mengenai sosok yang akrab di sapa Wily ini. Di usianya yang masih muda, beliau memulai usahanya dari bawah (usaha kecil-kecilan) yaitu usaha warung kios (sembako). 

Seiring berjalannya waktu, beliau bangkit dengan semangat kerja kerasnya di bidang pengelolaan barang dagangan. Usahanya kemudian berkembang. Kemudian ia juga mengembangkan jenis-jenis usahanya sebagai pengecer pupuk,obat-obatan dan penangkar benih tanaman. 

Dengan berbagai jenis usaha yang sudah ia jalankan,  ditambah berkat ketekunan  dan kerja kerasnya ia menuai hasil yang baik dan memuaskan. Dari hasil rintisan usaha-usahanya pulalah beliau beranikan diri untuk melebarkan sayap-sayap usahanya di bidang penggilingan Padi.  

Beliau juga memberanikan diri membangun usaha di bidang transportasi (Taxi).  Semangat juangnya yang semakin tinggi menjadikan usaha-usahanya terus bertumbuh dan berkembang, sehingga membawa dirinya berada di titik kenyamanan hingga saat ini.

Sosok dengan jiwa  pekerja keras ini hemata saya patut di teladani oleh kalangan muda sebagai refrensi atau panutan untuk mencapai kesuksesan yang sesunggunya.  Karena kesuksesannya    kita semua tahu  siapa sosok Wily ini.                                 
Belakangan, nama Wily muncul di daftar nama para caleg (calon legislatif) dapil 1, Kabupaten Manggarai Barat periode 2019-2024.        Munculnya nama beliau di daftar caleg legislatif tidak sedikit pula masyarakat di Desa Mbuit dan Boleng umumnya yang merasa terkejut dan terharu.

Tekejutnya karena beliau bukan seorang politikus, bukan pula seorang  anggota  DPRD aktif  yang kembali mencalonkan diri, melainkan beliau seorang pengusaha tulen yang belum pernah kiprah di dunia politik sebelumnya. 

Terharunya karena sebagian besar masyarakat desa Mbuit dan Boleng umumnya menginginkan sosok tokoh baru seperti beliau untuk menjadi wakil rakyat  (letang temba laro joang de roeng). Bukan tanpa alasan mengapa masyarakat sebagian besarnya menginginkan wajah baru seperti sosok beliau untuk di utus sebagai wakil suara rakyat di daerah, karena beliau di kenal pekerja keras, sederhana, dan sudah selesai dengan dirinya sendiri.

Pertimbangan dan penilaian sebagian besar masyarakat desa  Mbuit dan Kec. Boleng umumnya mendasarkan alasan logisnya bahwa kalau sudah selesai dengan dirinya sendiri dengan baik dan benar, maka bukan tidak mungkin bisa  menyelesaikan urusan besar orang banyak (umum) dengan baik, sebaliknya jika belum selesai dengan diri sendiri, maka bukan tidak mungkin urusan besar orang banyak (umum) tidak selesai dengan baik.

Kalau bicara soal kenyamanan, semua orang mengatakan lebih nyaman jadi seorang pengusaha dari pada menjadi pejabat publik, karena urusannya tidak gampang, bahkan banyak resikonya, di tambah waktu yang selalu di tuntut oleh lembaga kerja. Namun beliau tidak memikirkan hal itu sebagai penghalang niat dan mimpinya untuk mengabdi kepada masyarakat lewat panggung politik.

Saat ini beliau sudah selesai dengan dirinya sendiri, tidak berlebihan jika publik  mengatakan, mau cari apalagi pak  Wily ini, sehingga harus rela melepaskan kenyamanan yang sudah ada demi terjun ke dunia politik? Apakah sekarang sudah berpaling dari dunia usaha? Ataukah karena menginginkan namanya terkenal dimana-mana? Ataukah hanya ingin mencari popularitas sesaat?

                              Untuk mengetahui jawaban tulus dan pasti dari beliau, mari kita simak jawaban beliau di bawah ini.                       
Sejam bersama Wilhelmus Syukur via whatsApp menggali dasar keinginannya masuk panggung politik lewat salah satu partai politik di Negeri ini, yaitu Partai Nasdem. Beliau mengatakan niatnya masuk di panggung politik karena betul-betul terpanggil hatinya untuk menjadi bagian dari pembangunan daerah, khususnya Dapil Kec. Boleng.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa, politik merupakan sebuah pengabdian kepada masyarakat, saya mau berbagi ilmu, ide dan motivasi kepada masyarakat umum. Lebih lanjut Wily mengatakan, niat dan keseriusannya membangun daerah dapil Kec.Boleng lewat panggung politik adalah suatu  keharusan bagi dirinya untuk mengabdi bukan lagi seperti saat mengelola bisnisnya, melainkan mengabdi secara total untuk pembangunan Dapil Kec.Boleng lewat kursi legislatif.

Beliau menegaskan, Kecamatan Boleng umumnya adalah salah satu daerah potensial menghasilkan berbagai jenis pertanian. Sebagian besar masyarakat Boleng menjadi pekerjaan pokoknya sebagai petani.

Hasil pertanian masyarakat tentu perlu dukungan dari pemerintah, contohnya fasilitas jalan raya guna memperlancar akses hasil komoditi masyarakat ke kota atau ke pemasaran. Petani  juga peru dukungan pelatihan keterampilan pengelolaan tanaman dengan sistem yang baik, dlll. Jadi Kec.Boleng perlu sentuhan yang serius dari pemerintah, sehingga bisa mengimbangi potensi-potensi yang ada. Hal ini yang perlu di perhatikan kedepan jika masyarakat mempercayai dirinya mewakili suara masyarakat di legislatif nanti. 

Masyarakat perlu perubahan dan sentuhan yang tepat sasaran, jangan di abaikan suara rakyat. Saya merasa jadi pengusaha tidak bisa memberikan pengaruh yang besar untuk masyarakat, oleh karennya, saya pribadi atas nama Wilhelmus Syukur terpanggil mau mengabdi untuk kepentingan umum, khususnya Dapil Boleng ini. 

Tidak ada power seorang pengusaha untuk menentukan kebijakan atau mengelelola aspirasi masyarakat selain harus terlebih dahulu kita ambil bagian dalam satu sistem Demokrasi 5 tahunan lewat legislatif, maka dari itu, saya mau melepas kenyamanan sekarang ini, karena saya mau mengabdi untuk kepentingan umum dengan melangkah ke panggung politik. 

Semoga niat baik dan dukungan saudara/i saya di Desa Mbuit dan Kec.Boleng umumnya akan berhasil sesuai misi saya dan masyarakat Boleng yaitu mari bersama generasi muda membangun daerah Boleng ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Suara Rakyat adalah Suara Tuhan, dari Rakyat kembali ke Rakyat, tutup Wily dalam sambungan telepon by WhatsApp pada, Kamis, 20/12/2018.                                       
Penulis: Fian anak muda pengagum Willy asal Desa Mbuit, Kec. Boleng, Manggarai Barat.

KOMENTAR

Featured Post

Tak Hanya Salmafina Sunan, Para Artis Cantik Ini Juga Pindah Keyakinan

Sosok, INFONEWSIA.COM - Nama Salmafina Sunan tengah menjadi sorotan atas kabar pindah keyakinan yang dilakukannya. Meski tak secara gamb...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baiq Nuril,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Paul Serak Baut,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Profil,3,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,7,Selat Sunda,1,Sepeda Motor,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,Tank Tua Merauke,1,Tidak Disiplin,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Mengenal Wihelmus Syukur, Pengusaha Muda yang Sukses, Calon DPRD Kabupaten Manggarai Barat
Mengenal Wihelmus Syukur, Pengusaha Muda yang Sukses, Calon DPRD Kabupaten Manggarai Barat
Wihelmus Syukur, salah satu putra terbaik Desa Mbuit kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) merupakan seorang pengusaha muda yang sukses Dan maju Caleg DPRD Manggarai Barat
https://3.bp.blogspot.com/-BQ6o8_bHB4g/XCIdW1L-ZbI/AAAAAAAAMkc/lzU4c5Lo4LUegp-9h0NkwcXHvvXeqMOfgCLcBGAs/s640/IMG-20181224-WA0002.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-BQ6o8_bHB4g/XCIdW1L-ZbI/AAAAAAAAMkc/lzU4c5Lo4LUegp-9h0NkwcXHvvXeqMOfgCLcBGAs/s72-c/IMG-20181224-WA0002.jpg
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2018/12/mengenal-wihelmus-syukur-pengusaha-muda.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2018/12/mengenal-wihelmus-syukur-pengusaha-muda.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy