Acara Natal dan Tahun Baru Bersama Keluarga Lembor Raya Jabodetabek Berlangsung Meriah | Infonewsia

Acara Natal dan Tahun Baru Bersama Keluarga Lembor Raya Jabodetabek Berlangsung Meriah

Jakarta, Infonewsia.com - Acara natal dan tahun baru bersama keluarga besar Lembor Raya (IKBL) yang berdomisili di wilayah (Jabodetabek) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya, pada hari Sabtu, (12/01/2019), bertempat di Anjungan NTT Jakarta, berlangsung Meriah.
Pater Peter saat sedang menyampaikan homilinya       (Photo: ist. Rikard Djegadut)

Ikatan Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek (IKBL) adalah salah satu perkumpulan masyarakat yang berasal dari Kecamatan Lembor dan Lembor Selatan atau Lembor Raya, Manggarai Barat Flores NTT yang rutin melaksanakan acara natal dan tahun baru bersama setiap tahunnya. 

Acara ini mengusung tema "Mai Naring agu Hiang Landing Poli  Sampe Saep le Mori Sambe Latang Weki agu Wakar Ditet Lembor Raya Jabodetabek". Dalam Bahasa Indonesia tema ini kurang lebih bermakna "Mari Memuji dan Menyembah Tuhan Karena Telah Menjadi Sang Juru Selamat Jiwa dan Raga Kita Segenap Keluarga Lembor Raya Jabodetabek".

Tema ini merupakan bentuk ungkapan syukur atas segala campur tangan Ilahi dalam setiap pergumulan orang-orang Lembor Raya di tanah perantaun secara khusus yang berada di Jabodetabek dan sekitarnya. 

Acara ini dibuka dengan misa inkulturasi dalam balutan budaya khas Manggarai yang dipersembahkan oleh Pater Peter Aman, OFM sebagai konselebran utama serta pater Bernadus sebagai konselebran.

Dalam kotbahnya pater Peter mengarisbawahi pentingnya memaknai peristiwa natal dari sisi politik Ilahi atau politik Tuhan yang dirayakan setiap tahun oleh segenap umat Kristiani di seluruh dunia termasuk juga oleh keluarga Lembor Raya Jakarta 

"Politik pada hakekatnya baik dan mulia sebagai media atau jalan bagi para politikus untuk melakukan kehendak Allah di muka bumi" Jelas Pater Peter dalam kotbahnya. 

Natal menjadi peristiwa di mana Tuhan yang adalah Emanuel-Tuhan berserta kita, tinggal dalam masing-masing  pribadi kita atas cintaNya yang tak terbatas bagi manusia. Dia ingin menyelamatkan manusia dari ketakmampuan dan ketakberdayaannya. Maka dari itu, dalam berpolitik, ingatlah selalu akan Natal. Dan dalam Natal ingatlah selalu akan politik. 

Selain Ekaristi, ada juga stand up komedi, tarian ako woja, sanda mbata, dan ditutup dengan santai. 

Turut hadir dalam acara ini segenap sesepuh dan kaum muda Lembor raya Jakarta. 

Koordinator acara Ory Patong dalam sambutannya mengaku cukup puas dan bangga kegiatan ini berlangsung meriah. Itu semua karena kerja sama, dan dukungan dari berbagai pihak. 

"Yang kami lakukan adalah bersatu. Kami meyakini dengan bersatu kita bisa melakukan apapun. Namun demikian, acara ini sukses juga karena dukungan dari berbagai pihak secara khusus para sesepuh Lembor Raya yang selalu siap mendorong mendorong kegiatan kami".

Pada kesempatan yang sama mewakili steering committee atau Pendaping Panitia Pelaksana acara natal dan tahun bersama Lembor Raya tahun ini Aloysius Abel dalam sambutannya mengarisbawahi dua poin penting yakni perlunya ikatan emosional yang lebih erat antara sesama umat diaspora Lembor Raya.


Yang kedua, bahwa tubuh dan darah Tuhan Yesus merupakan peluku atau pegangan hidup yang disebut "kuni agu kalo" rohani bagi umat diaspora Lembor Raya.

"Neka mejemg na hese, neka ngonde na holes, harus cerdas merantau; rantang kole lunga cepisa ngger one beo; dan supaya jiwa kita selamat (ada hadiah indah buat Tuhan; kita masuk Surga). Makanya tepat istilah Pater Peter bahwa ite ho, toe ATA SERANI, maik ATA NUNGKU TE JIRI ATA SERANI".  Jelas Abel. (RDJ)

KOMENTAR

Featured Post

Teater Taki Mendi: Catatan Perbudakan di Tanah Batavia

Jakarta, INFONEWSIA.COM - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Komunitas Perempuan Manggarai bersama sang...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alex Ganggu,1,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baim Wong,1,Baiq Nuril,1,Banten,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Congko Lokap,1,Dialog Imajiner,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Driver Grab,1,Driver online meninggal,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Ganja,1,Gempa Bumi,1,Gendang Werak,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gojek,1,Grab,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswa UKI,1,Mahasiswa UKI St. Paulus Ruteng,1,Mahasiswa/i,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Maya,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Orang Manggarai,1,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Paul Serak Baut,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Perbudakan,1,Profil,3,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Roman,1,Salib Suci,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,8,Selat Sunda,1,Semester Akhir,1,Sepeda Motor,1,Surat Terbuka,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,SVD,1,Tank Tua Merauke,1,Teater Taki Mendi,1,Tidak Disiplin,1,Transportasi Daring,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Ustadz Abdul Somad,1,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Acara Natal dan Tahun Baru Bersama Keluarga Lembor Raya Jabodetabek Berlangsung Meriah
Acara Natal dan Tahun Baru Bersama Keluarga Lembor Raya Jabodetabek Berlangsung Meriah
Acara natal dan tahun baru bersama keluarga besar Lembor Raya (IKBL) yang berdomisili di wilayah (Jabodetabek) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya, pada hari Sabtu, (12/01/2019), bertempat di Anjungan NTT Jakarta, berlangsung Meriah.
https://3.bp.blogspot.com/-dSu-ys5O_JY/XDrpQ7E8T3I/AAAAAAAAM8A/hUfSrTD0CFk-QWTRrhHOkcVlDhY0ufVkACLcBGAs/s640/IMG_20190112_180544.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-dSu-ys5O_JY/XDrpQ7E8T3I/AAAAAAAAM8A/hUfSrTD0CFk-QWTRrhHOkcVlDhY0ufVkACLcBGAs/s72-c/IMG_20190112_180544.jpg
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2019/01/acara-natal-dan-tahun-baru-bersama.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2019/01/acara-natal-dan-tahun-baru-bersama.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy