Ini 6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Labuan Bajo, No 4,5 dan 6 Bikin Miris | Infonewsia

Ini 6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Labuan Bajo, No 4,5 dan 6 Bikin Miris

Labuan Bajo, Infonewsia.com - Labuan Bajo. Setiap kali mendengar nama ini, selalu melahirkan decak kagum di hati yang mendengarnya. Betapa tidak, banyak hal unik dan luar biasa tidak ditemukan di tempat lain ada di sini.
Ini 6 Hal  Yang Harus Kamu Tahu Tentang Labuan Bajo, No 4,5 dan 6 Bikin Miris
Beberapa Remaja Tengah Menikmati sunset di salah satu spot di Labuan bajo (foto:  Ig @Rino_albertus)

Decak kagum akan keindahan dan keunikan kota ini memukau dunia. Siapa yang tidak mengenal keindahan alam di Timur Indonesia yang satu ini? Keindahan alam yang sangat memukau mata para pengunjungnya membuat Labuan Bajo menjadi objek wisata yang sangat diminati oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Labuan Bajo merupakan salah satu kelurahan dari 19 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Bermula sebagai desa kecil di mana sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan, Labuan Bajo kini menjelma menjadi ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur dan menjadi salah satu tujuan idaman wisatawan lokal serta mancanegara.

Labuan Bajo selain sebagai pusat pemerintahan, pendidikan, perdagangan dan pariwisata serta gerbang masuk pariwisata Flores, berikut ini adalah 6 julukan sebagai predikat yang pantas disematkan pada kota yang berada di ujung barat pulau Flores ini. Apa saja? Simak!

1. Labuan Bajo Sebagai Kota Seribu Sunset

Labuan bajo merupakan kota seribu sunset. Berada persis di dataran rendah, dengan pantai-pantai putih nan indah mengitarinya serta diapit oleh gugusan pulau-pulau kecil dan bukit-bukit munggil yang menjorok  ke laut, menjadikan Kota Kecil di ujung barat Flores ini dikaruniai dengan pesona sunset yang bisa dinikmati dari berbagai penjuru Kota.

Beberapa tempat untuk menikmati momen tersebut-- di antaranya adalah Pulau Padar, Pulau Kanawa, Bukit Cinta, Pantai Pede, Pantai Gorontalo di Labuan Bajo, atau bahkan di pelataran tempat Anda menginap.

Tentunya, masih banyak sekali tempat lain selain yang disebutkan di atas agar kamu bisa menikmati sunset yang unik, Indah, mempesona dan berkesan.

2. Labuan Bajo Sebagai Surga Dunia

Sesungguhnya planet, bintang, dan konstelasi langit tidak pernah berubah. Namun, polusi cahaya di kota besar, terutama dengan banyaknya gedung pencakar langit, sebut saja Jakarta misalnya, membuat bintang-bintang bersembunyi dari pandangan.

Berada di tempat yang jauh dari polusi cahaya tersebut seperti Labuan Bajo, memungkinkan Anda untuk melihat pesona bintang di langit malam hari dan bila beruntung, Anda mungkin dapat melihat Milky Way dengan mata telanjang.

Selain sunset dan sunrise yang ciamik, pemandangan bukit-bukit yang aduhai, air terjun yang menyegarkan, air terjun dan binatang raksasa purbakala Varanus Komodensis serta keindahan alam bawah laut di seluruh gugusan kepulauan sekitar Labuan Bajo, masih sederet daftar panjang keindahan dan keunikan  menjadikan Labuan Bajo sebagai surga dunia. 

Saat berada di Labuan Bajo, cobalah menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam serta suasana senja di antaranya. Tidak perlu pusing mencari tempat terbaik untuk menikmati momen ini, karena ada begitu banyak tempat yang bisa Anda tuju dan semuanya menyuguhkan pemandangan yang indah.

3. Salah Satu Kota Yang Tidak Menerima Uang Receh

Terdengar aneh bukan? Tetapi demikianlah fakta dan kebenaran yang terjadi di kota paling ujung pulau Flores ini.

Iya. Labuan Bajo tidak menerima uang receh. Kamu jangan kaget kalau pedagang tiba-tiba menolak uang receh yang kamu pakai untuk membayar ya.

Hal ini tidak hanya berlaku di warung atau mini market, tapi juga pada pedagang pinggiran. jadi, simpan saja uang receh kalian kalau kamu sedang berlibur ke Labuan Bajo. Simpan untuk dibawa pulang ya.

4. Labuan Bajo, Kota Dengan Dominasi Asing Yang Masif

Memang harus diakui bahwa geliat pariwisata Manggarai Barat digairahkan oleh para pemodal asing alias bule. Tapi, ada semacam kriminal yang secara sengaja dilakukan oleh para pemodal dan ini menciptakan keresahan di tengah masyarakat. 

Menurut penelitian pada tahun 2018 silam, 90 persen usaha dan pengembangan pariwisata Manggarai Barat, mulai dari hotel, restaurant, agen perjalanan, penginapan, pusat dive dll didominasi oleh pihak asing.

Tercatat bahwa sekarang ini di Labuan hanya terdapat 5 dari 41 hotel dan penginapan yang dimiliki oleh warga lokal. Restaurant dan cafe yang bertumbuh subur di Labuan Bajo pun sebagian besar milik warga negara asing dengan menyajikan menu-menu ala internasional.

Hal ini disebabkan oleh kelalaian pemerintah dalam membuat regulasi yang tepat. Bahkah, Beberapa pulau di sekitar Labuan Bajo dimiliki oleh orang asing.

Disebutkan, pada 2001 seorang pria WN Inggris bernama Lewan Dosky menguasai pulau bidadari. Dia mengaku telah membeli dari seorang warga lokal bernama Haji Machmud dengan harga Rp 495 juta. Warga dilarang mendekat kecuali orang asing.  Kini bukan hanya Dosky  Beberapa pulau sudah berada dalam kendali orang  asing.

Sebut saja, pulau Kanawa yang dikelola investor Italia bernama Stefano Plaza pada 2010 dan Pulau Sebayur dikelola warga Italia bernama Ed sejak 2009. Kemungkinan masih banyak lagi pulau-pulau yang dikuasai orang asing.  

Selebihnya, pemerintah daerah tidak cukup kreatif, inovatif dan peka untuk memfasilitasi putra-putri daerah dalam berwirausaha. Pemerintah membiarkan putra-putri daerahnya berjuang sendiri dan selalu dipersulit terkait izin usahanya. Oleh pemerintah, keterbatasan modal, skill, dan pengetahuan kerap dipandang sebagai hambatan bagi orang lokal.

5. Dijuluki Sebagai Kota Seribu Jerigen

Pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kota Labuan Bajo tidak didukung oleh fasilitas-fasilitas yang memadai.

Masalah kesulitan air bersih di Kota Labuan Bajo yang terkenal dengan kadal raksasa komodo belum juga berhasil diselesaikan oleh para penyelenggara pemerintahan daerah setempat.

Padahal usianya sudah bukan terbilang belia lagi. Sudah berapa kali kepala pemeritahannya diganti, namun keluhan terhadap krisis air minum terus berlanjut.

Mirisnya, debit air di hotel-hotel berbintang dan restaurant bertaraf internasional yang tersebar dari kampung ujung, kampung tengah Dan sekitarnya melimpah ruah.

Hampir di seluruh Kota Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, lorong-lorongnya penuh dengan antrean ibu-ibu dari pagi dan sore untuk menampung air bersih.

6. Kota Dengan Tingkat Pemadaman Listrik Bergilir Paling Tinggi

Labuan Bajo, meski dikenal secara internasional sebagai kota dengan perkembangan pariwisata sangat pesat yang terbukti dengan kehadiran fisik pembangunan hotel-hotel berbintang lima, restaurant bertaraf internasional, dive center terbaik, agen perjalanan berkembang, namun pemadaman listrik bergilir di kota ini menjadi masalah yang sangat serius. 

Tak jarang, laman berbagai sosial media warga kota Labuan Bajo hampir setiap hari selalu dipenuhi dengan stastus berisikan keluhan terkait pemadaman listrik secara bergilir oleh PLN. 

Nah, sobat Infonewsia. Itulah beberapa fakta unik dan miris dari Kota kecil di ujung Barat pulau bunga, yang wajib sobat ketahui untuk menambah wawasan sobat. Semoga dengan mengetahui hal-hal di atas, muncul niat untuk bergerak membuat perubahan dengan cara masing-masing. 

Bila sobat menyukai artikel ini, jangan lupa share sebanyak-banyaknya ke berbagai platform sosial media sobat. Salam!

Penulis : Rikard Djegadut
Editor  : Rikard Djegadut 

KOMENTAR

Featured Post

Teater Taki Mendi: Catatan Perbudakan di Tanah Batavia

Jakarta, INFONEWSIA.COM - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Komunitas Perempuan Manggarai bersama sang...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alex Ganggu,1,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baim Wong,1,Baiq Nuril,1,Banten,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Congko Lokap,1,Dialog Imajiner,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Driver Grab,1,Driver online meninggal,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Ganja,1,Gempa Bumi,1,Gendang Werak,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gojek,1,Grab,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswa UKI,1,Mahasiswa UKI St. Paulus Ruteng,1,Mahasiswa/i,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Maya,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Orang Manggarai,1,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Paul Serak Baut,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Perbudakan,1,Profil,3,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Roman,1,Salib Suci,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,8,Selat Sunda,1,Semester Akhir,1,Sepeda Motor,1,Surat Terbuka,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,SVD,1,Tank Tua Merauke,1,Teater Taki Mendi,1,Tidak Disiplin,1,Transportasi Daring,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Ustadz Abdul Somad,1,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Ini 6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Labuan Bajo, No 4,5 dan 6 Bikin Miris
Ini 6 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Labuan Bajo, No 4,5 dan 6 Bikin Miris
Labuan Bajo selain sebagai pusat pemerintahan, pendidikan, perdagangan dan pariwisata serta gerbang masuk pariwisata Flores, berikut ini adalah 5 julukan sebagai predikat yang pantas disematkan pada kota Labuan Bajo.
https://1.bp.blogspot.com/-XdA2b720nd0/XROU08UMZeI/AAAAAAAAOS0/Q67om0tfKmgjATdhLA1Z_fQeGKgtO2iCgCLcBGAs/s640/6%2BHal%2Btentang%2BLabuan%2BBajo.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-XdA2b720nd0/XROU08UMZeI/AAAAAAAAOS0/Q67om0tfKmgjATdhLA1Z_fQeGKgtO2iCgCLcBGAs/s72-c/6%2BHal%2Btentang%2BLabuan%2BBajo.jpg
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2019/06/ini-6-hal-yang-harus-kamu-tahu-tentang.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2019/06/ini-6-hal-yang-harus-kamu-tahu-tentang.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy