Gerhana Bulan 17 Juli Malam Dini Hari Bisa Dilihat dari Mana Saja, Ini Waktunya | Infonewsia

Gerhana Bulan 17 Juli Malam Dini Hari Bisa Dilihat dari Mana Saja, Ini Waktunya

Jakarta, INFONEWSIA.COM - Gerhana bulan sebagian akan muncul di seluruh wilayah Indonesia, Rabu dini hari nanti. Fenomena alam ini dilaporkan akan terlihat di sejumlah belahan dunia, seperti Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Asia.
Gerhana bulan sebagian akan muncul di seluruh wilayah Indonesia, Rabu dini hari nanti. 

"Gerhana bulan sebagian nanti malam, tepatnya dini hari mulai pukul 03.02-05.59 WIB," ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (16/7).

Menurut Thomas, salat gerhana mulai pukul 03.30 WIB. "Agar bisa menyambung ke salat subuh (jamaah tidak pulang dulu)," imbuhnya.

Thomas menuturkan, awal gerhana bisa dilihat di seluruh Indonesia. Sementara akhir gerhana bulan hanya bisa diamati di Jawa bagian barat dan Sumatera.

"Di sebagian besar wilayah Indonesia bulan terbenam sebelum akhir gerhana. Puncak gerhana pukul 04.30 WIB menjelang subuh di Jakarta," tambahnya lagi.

Fenomena alam itu juga dapat disaksikan secara langsung dengan kasat mata.

"Fenomena ini bisa dilihat dengan kasat mata, tetapi akan lebih baik jika menggunakan teleskop maupun kamera, selain itu dapat disaksikan di mana saja," ujar Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan, Rorom Priyatikanto, kepada Liputan6.com.

Dia menuturkan, gerhana bulan sebagian merupakan peristiwa ketika cahaya Matahari terhalangi oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Di Indonesia, fenomena ini akan terlihat selama beberapa jam.

Dia juga menambahkan gerhana bulan sebagian dapat disaksikan terutama pada Indonesia bagian barat seperti, Jakarta dan Medan. Sedangkan pada Indonesia bagian Timur, hanya dapat dilihat di Makassar, Sulawesi selatan.

Thomas menambahkan, "tak ada yang khusus, karena mengamati gerhana bulan sama dengan mengamati purnama."

Menurut keterangan Rorom Priyatikanto, di Medan, Sumatera Utara, durasi gerhana bulan mencapai 4 jam 45 menit. Awal gerhana terjadi pukul 01.43 WIB, gerhana sebagian pukul 03.01 WIB. Puncak pukul 04.30 WIB dan akhir gerhana pukul 06.29 WIB.

Untuk Makassar, Sulawesi Selatan durasi gerhananya 3 jam 34 menit. Awal gerhana di wilayah ini mulai terjadi pada pukul 02.43 WIT, mulai gerhana parsial pukul 04.01 WIT, puncak gerhana sebagian pukul 05.30 WIT dan akhir gerhana pukul 06.18 WIT.

Sedangkan untuk wilayah DKI Jakarta, durasi gerhana bulan sebagian akan berlangsung selama 4 jam 28 menit.

Proses awal gerhana dimulai pada pukul 01.43 WIB, gerhana sebagian pukul 03.01 WIB, puncak pada pukul 04.30 WIB, dan berakhir pada pukul 06.11 WIB.

Sementara itu, sebagian besar wilayah Amerika Selatan akan melihat bulan tertutup bayangan Bumi.

Sementara untuk Asia tengah dan timur serta Australia, gerhana masih akan berlangsung ketika bulan terbenam pada Rabu 17 Juli 2019 waktu subuh, demikian seperti dikutip dari Space.com, Selasa (16/7).

Gerhana hanya akan muncul di sebagian Amerika Utara, terjadi pada siang hari ketika bulan berada di bawah cakrawala.

Dalam Waktu Universal Terkoordinasi (UTC), bulan akan memasuki penumbra (bagian terlemah dari bayangan Bumi) pada 18.43 dan umbra (bagian lebih gelap dari bayangan Bumi) pada 20.01.

Titik tengah gerhana bulan akan datang pada pukul 21.30. Bulan akan meninggalkan umbra pada 22.59 dan meninggalkan penumbra pada 00.17 pada 17 Juli, menandai akhir dari fenomena lunar eclipse.

Besarnya gerhana, yang mengacu pada persentase maksimum dari diameter bulan yang terbenam dalam bayangan umbral Bumi, akan menjadi 65 persen.

Ini akan menjadi interaksi terakhir bulan dengan umbra Bumi untuk sementara waktu. Selama empat gerhana bulan berikutnya --semua selama tahun 2020-- bulan hanya akan melewati penumbra bumi.

Di Amerika Serikat, orang-orang harus menunggu hingga pagi hari tanggal 26 Mei 2021, ketika AS bagian tengah dan barat akan disuguhi gerhana bulan total, meskipun totalitasnya relatif singkat, berlangsung kurang dari 18 menit.

Kemudian, pada pagi hari 19 November 2021, orang Amerika Utara akan disuguhi gerhana yang meliputi 98 persen dari diameter bulan.

Akhirnya, pada malam 15-16 Mei 2022, gerhana bulan total panjang yang luar biasa akan terlihat di sebagian besar Amerika. Totalitas akan bertahan hampir 1,5 jam. Maka, tandai kalender Anda.

Reporter: Tanti Yulianingsih
Editor    : Rikard Djegadut

KOMENTAR

Featured Post

Untuk Yang Tersayang, Penghuni Kosan Cijantung

Kosan Cijantung SENGANG, INFONEWSIA.COM -Selamat sore yang tersayang, penghuni Kosan Cijantung. Apa kabar kalian  semua? saya harap s...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alex Ganggu,1,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baim Wong,1,Baiq Nuril,1,Banten,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Bunda Seluruh Asia,1,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Congko Lokap,1,Dialog Imajiner,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Driver Grab,1,Driver online meninggal,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Ganja,1,Gempa Bumi,1,Gendang Werak,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gojek,1,Grab,1,Gubernur NTT,1,Gunung Maria,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Korban Pembunuhan,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswa UKI,1,Mahasiswa UKI St. Paulus Ruteng,1,Mahasiswa/i,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Maya,1,Montemaría,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Orang Manggarai,1,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Patung “Our Lady of Peace,1,Paul Serak Baut,1,Paus Berkunjung ke Thailand,1,Paus Fransiskus,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Perbudakan,1,Profil,3,Proses beatifikasi,1,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Roman,1,Salib Suci,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,8,Selat Sunda,1,Semester Akhir,1,Sepeda Motor,1,Sr. Maria Antónia Pinho,1,Surat Terbuka,1,Suster Ana Rosa Sivori,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,SVD,1,Tank Tua Merauke,1,Teater Taki Mendi,1,Tidak Disiplin,1,Transportasi Daring,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Ustadz Abdul Somad,1,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Gerhana Bulan 17 Juli Malam Dini Hari Bisa Dilihat dari Mana Saja, Ini Waktunya
Gerhana Bulan 17 Juli Malam Dini Hari Bisa Dilihat dari Mana Saja, Ini Waktunya
Gerhana bulan sebagian akan muncul di seluruh wilayah Indonesia, Rabu dini hari nanti. Fenomena alam ini dilaporkan akan terlihat di sejumlah belahan dunia, seperti Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Asia.
https://1.bp.blogspot.com/-mhZzl7NQkEk/XS3c6aWtc6I/AAAAAAAAOY0/EZcJATkulRwqRrzkBn3BYgpCjOr9j3yNACLcBGAs/s640/ambisi-ambisi-manusia-mau-eksplorasi-bulan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-mhZzl7NQkEk/XS3c6aWtc6I/AAAAAAAAOY0/EZcJATkulRwqRrzkBn3BYgpCjOr9j3yNACLcBGAs/s72-c/ambisi-ambisi-manusia-mau-eksplorasi-bulan.jpg
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2019/07/gerhana-bulan-17-juli-malam-dini-hari.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2019/07/gerhana-bulan-17-juli-malam-dini-hari.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy