Terkait Temuan Tank Tua di Merauke, Arkeolog: Sengaja Dikubur Belanda | Infonewsia

Terkait Temuan Tank Tua di Merauke, Arkeolog: Sengaja Dikubur Belanda

Jakarta, INFONEWSIA.COM - Sebuah tank tua yang merupakan bagian dari Eskadron Pantserwagens atau skadron tank satuan kavaleri Belanda peninggalan pemerintahan Belanda ditemukan di   Kelurahan Maro, Merauke. 
Sebuah tank tua yang merupakan bagian dari Eskadron Pantserwagens atau skadron tank satuan kavaleri Belanda peninggalan pemerintahan Belanda ditemukan di   Kelurahan Maro, Merauke (Foto: ist)

Pemerintahan pendudukan Belanda di Papua pada 1945-1962 pernah menempatkan skuadron tank di Kabupaten Merauke, kata Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto.

"Tank yang ditemukan warga di Pelabuhan Umum Merauke, merupakan bagian dari Eskadron Pantserwagens atau skadron tank satuan kavaleri Belanda," kata Hari ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Kamis, 11 Juli 2019.

Tank tersebut merupakan peninggalan Angkatan Darat Belanda, pada masa pemerintahan Netherland Niew Guinea atau Nugini Belanda di Papua.

Oleh Belanda,  Merauke dijadikan pusat pemerintahan sekaligus sebagai pusat pertahanan untuk pesisir Selatan Papua dalam  menghadapi kampanye pengembalian Irian Barat oleh Presiden Soekarno.

Menurut Hari, tank tersebut penemuan baru di Merauke. "Balai Arkeologi Papua pada tahun 2010 pernah melakukan penelitian peninggalan Belanda di Merauke, tapi tidak menemukan tank," katanya kepada Tempo, Kamis.

Secara fisik, dilihat dari foto yang sudah beredar. Itu adalah tank Sherman buatan Amerika Serikat. Pada waktu itu, selesai Perang Dunia II, Belanda banyak mendapat peralatan militer dari Amerika.

Tank M4 Sherman atau medium tank dibuat oleh Amerika dan dipergunakan oleh Amerika dan sekutunya termasuk Belanda.

"Tank ini untuk menghadapi pasukan Indonesia yang diperkirakan akan mendarat di Merauke pada waktu kampanye pengembalian Irian Barat ke NKRI. Pada waktu itu, Indonesia di bawah Presiden Soekarno, banyak memiliki tank buatan Uni Soviet.

Pada waktu itu, lanjut dia, pemukiman Belanda dan pusat pemerintahan berada di sekitar pelabuhan Merauke atau di wilayah yang sekarang ini dikenal sebagai Kelurahan Maro.

"Belanda pada waktu itu membangun berbagai fasilitas seperti kantor pos, pelabuhan, rumah dinas untuk pegawai Belanda, gereja, sekolah serta dilengkapi fasilitas militer termasuk tank yang didatangkan langsung dari Belanda," katanya.

Lebih lanjut, kata dia Belanda menata tata ruang Merauke pada waktu itu meniru Amsterdam, dengan banyak kanal atau saluran air untuk mengendalikan banjir karena permukaan tanah yang belakangan disebut sebagai wilayah adat Anim Ha, sejajar dengan permukaan laut.

Belanda meninggalkan Merauke pada 1 Mei 1962. Sementara, tank yang ditemukan warga tersebut memang sengaja dikubur agar tidak dimanfaatkan oleh militer Indonesia.

"Karena pada waktu itu tidak ada kapal pengangkut yang datang ke Merauke. Tank yang ditemukan itu, merupakan bukti sejarah dan harus dilestarikan. Kelurahan Maro merupakan kota tua Merauke, masih terlihat rumah-rumah peninggalan Belanda, kantor pos, dan gereja," katanya.

Sebelumnya, pada Jumat pekan lalu warga di sekitar Pelabuhan Umum Merauke menemukan tank ketika akan menggali saluran pembuangan. Hal ini langsung menghebohkan warga Kota Rusa tersebut.

Sumber: tempo.co
Editor: Rikard Djegadut

KOMENTAR

Featured Post

Tak Hanya Salmafina Sunan, Para Artis Cantik Ini Juga Pindah Keyakinan

Sosok, INFONEWSIA.COM - Nama Salmafina Sunan tengah menjadi sorotan atas kabar pindah keyakinan yang dilakukannya. Meski tak secara gamb...

Popular Posts

Name

Agustinus Marsirinus Baut Tutup Usia,2,Alexander Wilhelmus Yosef Hamboer,1,Analisis,1,Artikel,24,Asmirandah,1,ASN NTT,1,Aturan Ganjil Genap,1,Baiq Nuril,1,Batavia Tahun 1627,1,Bocah Kelas 2 SD Tewas,1,Bocah Perempuan Tewas Mengenaskan,1,Budaya,16,Caleg DPRD,1,Carolus Hamboer,1,Dibunuh Pedangang Bubur Ayam Keliling,1,Dinas PKO Mabar,1,Dominasi Pihak Asing,1,Don Bosco Selamun,1,Dosen Untar & Trisakti,1,DPRD Bulukumba,1,DPRD Marah,1,Ekonomi,4,Eva Yanthi Arnaz,1,Facebook,1,Gerald N. Bibang,1,Gerard N. Bibang,1,Gerhana Bulan,1,Gubernur NTT,1,Ibrahim Peyon,1,IKBL,1,Indonesia,1,Jantung Asia,1,Jokowi ke Labuan Bajo,1,Jokowi Kunjungi Manggarai Barat,1,Kabar Bohong,1,Kakar Tana,1,Kalvin Duta OSN,1,Keluarga Besar Lembor Raya Jabodetabek,1,Kepala BNPN Tutup Usia,1,Kiriman Pembaca,1,Kisah Eva Arnas,1,Kota Seribu Jerigen,1,Kue dan DPRD,1,Kunjungan Jokowi,1,Labuan Bajo,1,Lexy Hamboer,1,Lifestyle,5,Lowongan Kerja,1,Mabar,1,Mafia Air di Labuan Bajo,1,Mahasiswi Cantik,1,Malam Kudus,1,Marsha Timothy,1,Nafa Urbach,1,Natalie Sarah,1,Opini,12,Pater Cornelius Leo Adrianus,1,Pater Edwin Bernard Timothy,1,Paul Serak Baut,1,Pelepasan Jenazah,1,Pembangunan Pariwisata Manggarai Barat,2,Pemred MetroTV,1,Penegakan Hukum,1,Penemuan Tank Tua,1,Profil,3,PT. Angkasa Pura Propertindo,1,Puisi,5,Putra Bos Konstruksi Baja,1,Ratu Film Panas Indonesia,1,Rikard Djegadut,1,Salmafina Sunan,1,Sandiaga Uno,1,Sastra,7,Selat Sunda,1,Sepeda Motor,1,Sutopo Purwo Nugroho meminta maaf,1,Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia,1,Sutopo Purwo Nugroho Tutup usia,1,Tank Tua Merauke,1,Tidak Disiplin,1,Tsunami Banten,1,Tya Dwiardianti,1,Update,24,Viktor Laiskodat,2,Waktu Gerhana Bulan,1,Wilhelmus Syukur,1,Wisata,15,Zara Zettira,2,Zara Zettira Hina Pesantren,1,Zara Zettira Penulis,2,
ltr
item
Infonewsia: Terkait Temuan Tank Tua di Merauke, Arkeolog: Sengaja Dikubur Belanda
Terkait Temuan Tank Tua di Merauke, Arkeolog: Sengaja Dikubur Belanda
Sebuah tank tua yang merupakan bagian dari Eskadron Pantserwagens atau skadron tank satuan kavaleri Belanda peninggalan pemerintahan Belanda ditemukan di Kelurahan Maro, Merauke
https://1.bp.blogspot.com/-WUgHtseC9ZQ/XSipN_Z5_kI/AAAAAAAAOYI/tsexPv4aruMBLtNInNGoC5Ztaort_UBlACLcBGAs/s640/tEMUAN%2BTANK%2BTUA%2BDI%2BMERAUKE.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WUgHtseC9ZQ/XSipN_Z5_kI/AAAAAAAAOYI/tsexPv4aruMBLtNInNGoC5Ztaort_UBlACLcBGAs/s72-c/tEMUAN%2BTANK%2BTUA%2BDI%2BMERAUKE.jpg
Infonewsia
https://www.infonewsia.com/2019/07/terkait-temuan-tank-tua-di-merauke.html
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/
https://www.infonewsia.com/2019/07/terkait-temuan-tank-tua-di-merauke.html
true
7293979240380718745
UTF-8
Semua artikel Tidak ditemukan artikel LIHAT SEMUA Selengkapnya Balas Batal balas Hapus Oleh Beranda LAMAN ARTIKEL Lihat Semua Rekomendasi LABEL ARSIP PENCARIAN SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel pencarian Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Mggu Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy