IN HOC SIGNO VINCES DENGAN TANDA INI ENGKAU AKAN MENANG!
Cari Berita

Advertisement

IN HOC SIGNO VINCES DENGAN TANDA INI ENGKAU AKAN MENANG!

Monday, August 19, 2019


Senggang, Infonewsia.com - PERINTAH ini pada tahun 312, yang sekaligus menjadi keyakinan Kaiser Konstantinus, telah menjadi pedang pamungkas mengalahkan Kaiser Rowawi Maxentius (306-312).
Salib Suci Yesus (Foto: ist)


Geger seluruh Eropa. Mengapa? Karena Maxentius dikenal sebagai kaiser galak dan sangat yang tak pernah terkalahkan. Ternyata karena ia mengandalkan sihir dan supranatural.



Alkisah, sebelum ke Roma, Konstantinus dalam tidur malamnya menerawang ke kaki langit. Ia melihat salib. Dari balik salib, terdengar sebuah suara sayup-sayup sampai: in hoc signo vinces! Dengan tanda ini, engkau akan menang! Berkali-kali, semakin diulang semakin jelas dan terang: IN HOC SIGNO VINCES!



Alhasil, mbeko po (=dukun santet), sihir dan supranatul porak poranda. Roma ditaklukan seketika bagai lautan darah.



Alfaktanya kini: salib, yang adalah tanda kemenangan itu, menakutkan seorang Mr So Mad bersama jutaan penggemar dan pengikut-pengikutnya. Dulu, tanda itu menakutkan Roma dan segala kedigdayaannya.



Hingga kini, orang-orang katolik di seluruh dunia, entah berapa kali sehari, melakukan tanda itu di wajah dan dadanya, tanda salib, tanda kemenangan, baik dengan spontan maupun dengan kesadaran paripurna.Tentu bukan menang terhadap musuh. Tapi terhadap dosa dan kejahatan bersama turunan dan cukong-cukongnya.
****

(gnb: minggu:18.8.2019)